Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Menyenangkan Mengatasi Stress

Cara Sehat Mengatasi Stress
Cara Mengatasi Stress

info SELOGIRI - KESEHATAN - Apa itu stress? Stress adalah suatu keadaan atau kondisi dinamis saat seseorang dihadapkan pada peluang, tuntutan, sumber daya yang terkait pada apa yang dihasratkan.

Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat.

Stress adalah reaksi tubuh terhadap lingkungan untuk memproteksi diri. Stress tidak selalu buruk, namun secara kebanyakan memang dibahas dalam konteks yang negatif.

Stress akan bernilai positif apabila bisa menjadi peluang memaksimalkan potensi diri. Sebagai contoh para profesional memandang tekanan beban kerja yang berat dengan tenggang waktu yang mepet malah bisa menjadi tantangan bernilai positif untuk menaikkan kualitas pekerjaan mereka.

Namun pada postingan Cara Menyenangkan Mengatasi Stress ini adalah stress yang bernilai negatif. Karena stress yang bernuansa negatif akan menimbulkan berbagai reaksi buruk pada tubuh kita. Reaksi fisik akibat stress bisa berupa sakit kepala, jantung berdebar kencang, tangan terasa dingin. Reaksi sifat dari stress mudah tersinggung, mudah marah, perasaan cemas, menjadi pesimis. Reaksi kognitif bisa berupa pikiran negatif, curiga, kesulitan konsentrasi. Sedangkan reaksi sikap antara lain tidur, pendiam, bertindak kasar, tidak suka bergaul.


Berikut adalah upaya untuk mengatasi stress yang menyenangkan dan menyehatkan adalah dengan cara mengkonsumsi jenis makanan seperti di bawah ini:
Mancing Mengatasi Stress
Mancing Ikan

Ikan

Ikan sangat kaya manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain sebagai sumber protein, ikan juga mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan Omega 3 pada ikan sangat bagus bagi perkembangan otak dan menenangkan otak.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung asam amino thanin bermanfaat untuk menenangkan otak.

Brokoli


Brokoli mengandung antioksidan, vitamin B, dan asam folat guna meredam stress.

Susu

Susu kaya akan kalsium. Susu low fat dapat menenangkan hati, mengurangi ketegangan otot, menenangkan saraf.

Bluberry / Strawberry

Strawberry mengandung antioksidan dan flavanoid untuk mencegah penuaan otak.

Ice Cream

Ice Cream mengandung asam amino tryptophan berfungsi mendinginkan kepala yang sedang panas karena terporsir dalam berpikir, serta dapat menenangkan otak.

Kedelai (tempe, tahu, susu kedelai)

Kedelai mengandung protein, vitamin B, kalsium, magnesium. Bermanfaat menghilangkan stress.

Dark Chocolate

Dark Chocolate sangat baik guna meredakan stress karena mengandung polyphenol.

Gandum

Kandungan vitamin B pada gandum dapat menstimulasi hormon serotonin untuk menenangkan otak.

Kacang Almond

Kacang Almond kaya akan vitamin B, zat besi, vitamin E, untuk melawan stress sekaligus sebagai radikal bebas di dalam tubuh.

Demikian tips kesehatan mengatasi stress yang menyenangkan, semoga bermanfaat. (Sumber: Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri).

Post a Comment

0 Comments