Ticker

6/recent/ticker-posts

Pola Makan Seimbang Meningkatkan Kekebalan Tubuh

info SELOGIRI Pola makan dengan tumpeng gizi seimbang meningkatkan kekebalan tubuh
Tumpeng Gizi Seimbang
info SELOGIRI - KESEHATAN - Pada akhir bulan Maret 2020 ini wabah virus corona yang melanda negara kita Indonesia masih mengalami peningkatan.

Data COVID-19 pada 31 Maret 2020 pukul 16:00 WIB di Indonesia tercatat sebagai berikut:

Kasus Positif : 1.528
Meninggal : 136
Sembuh : 81

Hari ini juga pemerintah menetapkan status COVID-19 di Indonesia sebagai Darurat Kesehatan.


Sedangkan data COVID-19 secara global internasional telah menginfeksi di 204 negara dengan catatan sebagai berikut:

Kasus positif : 799.999
Meninggal : 38.848
Sembuh : 174.574

Ancaman pandemik wabah corona virus ini menjadikan semua umat manusia berusaha dengan berbagai cara untuk bisa mencegah maupun menang dalam berperang melawan virus yang berasal dari Wuhan negara Tiongkok ini.

Sebenarnya orang yang terinfeksi Virus Corona bisa sembuh sendiri asalkan memiliki daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh (imunitas) yang kuat. Orang dengan kekebalan tubuh yang kuat tidak akan menjadi parah apabila terinfeksi virus corona. Makanya kalau kita lihat kasus kematian akibat virus korona ini didominasi oleh orang yang sudah lanjut usia maupun orang yang sudah memiliki riwayat penyakit penyerta. Sedangkan kasus meninggal pada orang yang masih muda atau masih kecil sangat sedikit sekali. Karena pada usia muda kekebalan tubuh masih sangat produktif. Untuk itu, mari kita tingkatkan daya kekebalan tubuh kita dengan selalu mengkonsumsi makanan yang seimbang.


Menurut dr. Etisa Adi Murbawani, M.Si., Sp.GK Specialis Gizi Klinis, kebutuhan makan kita setiap hari dapat mengacu atau berpedoman pada Tumpeng Gizi Seimbang, yang antara lain:
  1. Setiap hari kita perlu bergerak atau berolahraga
  2. Membiasakan cuci tangan
  3. Memerlukan makanan yang mengandung karbohidrat (3-4 porsi)
  4. Memerlukan sayur (3-4 porsi)
  5. Memerlukan buah (2-3 porsi)
  6. Memerlukan protein (2-4 porsi)
  7. Memerlukan air (8 gelas atau 1,5-2 liter)
  8. Batasi gula (4 sendok teh), garam (1 sendok teh), minyak (5 sendok teh).
Sumber karbohidrat antara lain: nasi, tepung, sagu, mie, jagung, ketela pohon, ketela rambat, kentang, dan segala umbi-umbian. Sumber protein antara lain: ikan, daging, udang, telor, susu, kedelai (tahu atau tempe). Sedangkan sayur dan buah adalah untuk mensuplai kebutuhan mineral dan vitamin bagi tubuh kita. Semua sayur kaya akan kandungan mineral, dan semua buah kaya akan vitamin. Sayur dan buah juga banyak mengandung zat antioksidan yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh kita.

Yuk, tingkatkan imunitas tubuh kita agar kita bisa melawan COVID-19. Salam S3 (Semoga Sehat Selalu).

Post a Comment

0 Comments