Ticker

6/recent/ticker-posts

Putri Dhomas SMPN 1 Selogiri Iring Kirab Pusaka Mangkunegaran


info SELOGIRI - WISATA BUDAYA - Rangkaian Upacara Jamasan Pusaka Mangkunegara I di Selogiri dilaksanakan setahun sekali pada bulan Muharam (Sura).

Putri Dhomas SMPN 1 Selogiri
Putri Dhomas SMPN 1 Selogiri
Ritual Jamasan Pusaka meliputi; Mandhaping Pusaka, Tirakatan, Kirab, Jamasan. Penurunan pusaka peninggalan Mangkunegara I yang bersemayam di dalam Tugu Ireng di kompleks Taman Tugu Pusaka Selogiri dilaksanakan dengan tajuk Mandhaping Pusaka Mangkunegaran.

Pembukaan batu penutup pintu tugu ireng dilaksanakan Sabtu (16/11) pukul 17:00 WIB oleh paraga dari warga masyarakat Gunung Wijil. "Selain warga Gunung Wijil, konon dikabarkan tidak ada yang mampu mengangkat batu penutup tugu ireng" ungkap Kasmo (Lurah Kaliancar).

Delapan putri dhomas SMPN 1 Selogiri mengiring kirab pusaka Kyai Karawelang, Kyai Totog, dan Kyai Jaladara yang dibawa oleh Drs. Bambang Haryanto, MM (Camat Selogiri), Mas Ngabehi Mulyanto Sigit Raharjo (Juru Kunci Petilasan Kudanawarsa), dan Yoko (Juru Kunci Petilasan Pangeran Sambernyawa).



Putri Dhomas SMPN 1 Selogiri mengiring tepat di belakang ketiga pusaka keramat Raden Mas Said untuk dikirab mengelilingi kompleks Taman Tugu Pusaka Selogiri hingga pusaka dipajang pada Pendapa Kecamatan Selogiri. Kedelapan putri dhomas SMPN 1 Selogiri tersebut adalah; Arifia (9), Safra (8), Laras (9), Laracita (9), Ayuningtyas (9), Sima Ratu Renggani (7), Sinta Kumalasari (9), dan Diyah Arum Puspita (9).

Putri Dhomas bersama Kepala SMPN 1 Selogiri
Tampak dari pantauan info SELOGIRI, delapan putri dhomas SMPN 1 Selogiri ini ditunggui langsung oleh Kepala SMPN 1 Selogiri Sri Hartantiningrum, S.Pd., M.Pd. dan Agus Triyatno, S.Pd (guru olah raga). Pagi ini Minggu (17/11) pusaka keramat peninggalan Pangeran Sambernyawa akan dilakukan kirab menuju Pendapa Kabupaten Wonogiri selanjutnya dilakukan Jamasan dan Ruwatan Masal di Obyek Wisata Sendang Asri Wonogiri.

Post a Comment

0 Comments