Ticker

6/recent/ticker-posts

SMPN 1 Selogiri Penyaji Terbaik Nomor 1 di Festival Karawitan Pelajar Wonogiri 2018

SMPN 1 Selogiri Penyaji Terbaik 1 Festival Karawitan Pelajar Wonogiri 2018
Penyaji Terbaik 1 Festival Karawitan Wonogiri 2018
info SELOGIRI - Karawitan - Festival karawitan pelajar se-Kabupaten Wonogiri pada tahun 2018 ini dipilah menjadi 2 bagian. Yang pertama tingkat Sekolah Dasar (SD) atau sederajat. Dan yang kedua tingkat SMP / SMA dan sederajat.

Festival karawitan pelajar SD dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Agustus 2018. Sedangkan untuk yang SMP / SMA dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Agustus 2018. Keduanya digelar pada tempat yang sama yaitu di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Penilaian festival karawitan tahun 2018 sepenuhnya diserahkan pada dewan yuri dari ISI Surakarta yaitu bapak Darno, S. Sn., M. Sn., bapak Slamet Riyadi, S. Kar., MA, dan bapak Sugimin, S. Kar., M. Sn. dengan mengambil pemenang 6 penyaji terbaik.


Kategori SD - SEDERAJAT

  1. Korwil Kecamatan Eromoko
  2. Korwil Kecamatan Selogiri
  3. Korwil Kecamatan Girimarto
  4. Korwil Kecamatan Wonogiri
  5. Korwil Kecamatan Kismantoro
  6. Korwil Kecamatan Purwantoro

Kategori SMP/SMA SEDERAJAT

  1. SMPN 1 Selogiri
  2. SMPN 1 Ngadirojo
  3. SMPN 5 Wonogiri
  4. SMKN 2 Wonogiri
  5. SMAN 1 Wonogiri
  6. SMPN 3 Purwantoro
Catatan penting dalam kegiatan festival kerawitan tingkat pelajar menurut Darno, S. Sn., M. Sn., antara lain:
  • Karawitan dibutuhkan untuk membangun terbentuknya daya intelektualitas khususnya dalam menyatukan unsur kognitif dan affektif guna membentuk karakter manusia yang harmonis.
  • Adanya materi festival pilihan yang bebas akan memunculkan daya kreatifitas. Kreatifitas ini akan terlihat jelas pada unsur garap. Sehingga garap merupakan nilai kreatifitas yang sangat penting.
  • Karawitan terdiri dari gamelan dan vokal. Maka mengoptimalkan keduanya sebagai satu kesatuan yang tidak terpisah sangat mempengaruhi penilaian.
  • Garap yang baik atau benar tidak ada ketentuan yang pasti. Yang jelas garap yang baik akan menjadikan rasa seni menjadi enak. Untuk itu semua komponen dalam gamelan harus diupayakan gaya tabuhan yang cermat.
Demikian ulasan hasil Festival Karawitan Pelajar se-Kabupaten Wonogiri Tahun 2018 yang dapat kami sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat demi lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang.


Post a Comment

0 Comments